Saturday, November 29, 2014

Thanksgiving

Sekarang ini yang sedang heboh di Amerika sana adalah perayaan Thanksgiving. Jujur saja saya sendiri baru sekarang ini tahu Thanksgiving itu apa setelah membaca Wikipedia. Sebelumnya saya hanya pernah mendengar tanpa tahu artinya.

Menurut Wikipedia Thanksgiving Day adalah hari libur di Amerika Utara untuk mengucapkan terima kasih dan rasa bersyukur di akhir musim panen. Di Amerika Serikat sendiri Thanksgiving jatuh pada hari Kamis minggu keempat di bulan November.

Perayaan Thanksgiving di amerika biasanya dilakukan dengan acara makan bersama keluarga, menu favoritnya biasanya daging kalkun. Selain itu biasanya orang-orang keluar ke jalan sambil melihat karnaval. Perayaan ini selalu diberitakan secara besar-besaran hingga menarik perhatian dunia. Inilah yang mengusik, sebegitu kuatnya pengaruh Thanksgiving hingga menjadi komsumsi dunia termasuk Indonesia. Padahal dari pengertiannya saja ini 'hanya' sebuah perayaan rasa bersyukur di akhir musim panen. Entah apa menariknya, bukankah seharusnya sama saja dengan syukuran panen para petani di P.Jawa. Lalu mengapa terkesan begitu sensasional? Inilah bukti budaya barat begitu kuat.

No comments:

Post a Comment