Pages

Saturday, August 26, 2017

Jack Ma Jadi Penasihat E-Commerce Indonesia

Tribun
Founder sekaligus Executive Chairman Alibaba Group, Jack Ma menerima tawaran dari Pemerintah Indonesia sebagai penasehat steering committee roadmap e-commerce Indonesia. Sekedar informasi, Alibaba Group adalah perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Alibaba juga mendominasi pasar e-commerce Indonesia melalui kepemilikannya di Lazada dan Tokopedia.

Jack Ma resmi menempati posisi itu setelah menerima kunjungan Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menkominfo Rudiantara di Beijing. Pertemuan tersebut adalah tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan orang terkaya se-Asia tersebut di Hangzhou tahun 2016. Waktu itu Presiden mengajak Jack Ma bergabung menjadi penasihat steering committee roadmap e-commerce Indonesia. Saat itu Jack Ma sendiri sudah setuju tetapi semua masih disampaikan secara lisan.

Pada 21 Juli 2017 yang lalu Presiden Jokowi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 74 Tahun 2017 yang mengatur roadmap e-commerce tahun 2017-2019. Didalamnya memuat tujuh poin mengenai upaya pengembangan ekonomi digital, yaitu persoalan logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan dan keamanan cyber. Selanjutnya pemerintah akan membentuk sebuah Steering Committee yang akan membangun roadmap tersebut. Kehadiran Jack Ma diharapkan dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai pembangunan bisnis di e-Commerce.

No comments:

Post a Comment