Pages

Saturday, January 3, 2015

Satu Hari Di Huta Tipang

Akhir tahun 2014 lalu kami sekeluarga jalan-jalan ke Tipang, sebuah kampung yang terletak di tepi danau Toba di kecamatan Baktiraja, kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Sebenarnya tujuan utama kami adalah untuk menghadiri acara pernikahan adik perempuan saya yang diadakan di tempat mempelai pria di Tarutung. Tapi karena jarak antara Tarutung dan Tipang tidak begitu jauh maka kami sempatkan untuk berziarah ke makam leluhur di Tipang.

Saya sendiri sudah lama tidak ke kampung ini, sehingga kerinduan pada kampung ini begitu kuat. Jadi ketika mengetahui ada rencana keluarga akan berziarah ke Tipang saya sangat senang. Dari rumah kami yang terletak di Tandun, kab. Rokan Hulu, Riau berangkat jam 14.00 menuju Tarutung. Jalan menuju tarutung banyak yang aspalnya rusak ditambah lagi badan jalan yang cukup sempit sehingga perlu ekstra hati-hati. Setelah menempuh perjalanan yang panjang akhirnya kami sampai di Tarutung jam 02.00 pagi. Di Tarutung kami beristirahat sebentar di rumah Namboru (bibi) saya. Baru kemudian sekitar jam 06.00 pagi kami melanjutkan perjalanan menuju Tipang.

Kondisi jalan dari Tarutung menuju Tipang cukup mulus, jarang sekali ada aspal yang putus. Tapi ketika akan mendekati Tipang jalan mulai berkelok-kelok dan sangat sempit sehingga ketika ada mobil datang dari depan kita harus memperlambat kendaraan atau salah satunya harus mengalah menghentikan kendaraannya terlebih dahulu. Sebab di sebelah kanan ada tebing yang terjal dengan batu-batu yang besar sedangkan di kiri ada jurang yang dalam. Kami terus melanjutkan perjalanan hingga akhirnya sampai di Tipang sekitar jam 09.00 pagi.

Lembah Bakara dilihat dari ketinggian

Begitu sampai di Tipang kesan pertama yang hadir adalah ketenangan, keheningan dan bebas dari hiruk-pikuk. Pemandangan di Tipang sangat mempesona, dari sana kita biasa melihat danau toba yang dikelilingi bukit-bukit yang sangat indah. Mata pencaharian masyarakat di kampung ini adalah bertani, terutama padi dan ikan mas, tapi sebagian juga menanam kopi dan bawang. Ini bisa dilihat dengan begitu luasnya persawahan di lereng-lereng bukit dan banyaknya keramba ikan mas di tepi danau.

Keindahan danau Toba dilihat dari Tipang

Dari Tipang kita bisa melihat air terjun Janji, airnya mengalir ke danau toba. Dinginnya luar biasa, begitu dinginnya sehingga saya hanya sanggup merendam seluruh tubuh hanya tiga kali. Di sungai kecil ini terdapat banyak batu-batu gunung yang besar.

Air terjun Janji, salah satu objek wisata

Sungai kecil yang airnya berasal dari air terjun janji

Setelah berziarah dan puas melihat-lihat pemandangan kami pun kembali ke Tarutung untuk melangsungkan pesta pernikahan adik perempuan saya.

1 comment:

1. Jangan jangan banyak batu bacan di janji ya..