Monday, February 23, 2015

5 Alasan Mengapa Anda Harus Menghargai Model Rambut Kim Jong-un

Gambar: @frankfeinstein
Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un kembali menjadi perbincangan hangat. Ini karena Kim disebut-sebut muncul dengan model rambut baru ketika menghadiri pertemuan politik di Pyongyang baru-baru ini. Dilihat sepintas tidak ada perubahan yang mencolok pada model rambutnya, bentuknya masih seperti biasanya yaitu terlihat botak di bagian samping serta panjang dan tebal di bagian atas. Rambutnya kadang seperti disisir membelah di tengah dan kadang ke belakang. Dikarenakan Kim adalah salah satu sosok kontroversial dan disukai media maka wajar jadi perbincangan. Komentar pun bermunculan, ada yang mengatakan model rambutnya seperti model rambut Will Smith, ada yang mengolok-olok mengatakan mirip tokoh animasi Sponge Bob Squre Pants, mirip pesawat telepon dan sebagainya.

Sebenarnya tidak ada yang luar biasa dari model rambut Kim ini, mungkin karena terbawa sentimen politik, gaya kepemimpinan dan sebagainya sehingga banyak yang mengolok-olok model rambutnya. Berikut ini 5 alasan mengapa anda harus menghargai model rambut Kim Jong-un.

Mempertahankan tradisi
Model rambut Kim Jong-un sebenarnya warisan keluarga Kim. Kim Il-sung sang pendiri Korea Utara yang juga kakek Kim Jong-un sering tampil dengan model yang sama, salah satunya saat bertemu dengan presiden Soekarno tahun 1960-an. Kemudian diikuti oleh Kim Jong-il anak dari Kim Il-sung dan sekarang giliran Kim Jong-un. Penampilan bukan tentang kita selalu mengikuti tren yang berkembang tapi juga untuk mempresentasikan diri kita.

Agar terlihat berwibawa dan dihormati
Penampilan merupakan komunikasi visual dalam kehidupan sehari-hari, karena sebagian besar orang menilai orang lain dari penampilannya terlebih dahulu. Sebagai keturunan pemimpin Korea Utara mungkin Kim merasa perlu mengikuti model rambut tradisi keluarganya. Dengan begitu akan semakin menegaskan asal usulnya sehingga terlihat berwibawa dan dihormati.

Ingin menjadi trendsetter
Mungkin Kim merasa perlu memiliki gaya sendiri, gaya yang tidak biasa, yang menjadi pusat perhatian serta diikuti orang banyak terutama anak muda Korea Utara. Salah satunya dengan membuat model rambutnya terlihat berbeda. Model rambut Kim ini tidak populer di Korea Utara, meskipun belakangan anak muda disana dipaksa mengikuti model rambut Kim namun sebagian besar tidak menyukainya.

Agar tampak lebih kurus
Kim Jong-un memiliki tubuh yang gemuk, memilih model rambut tebal dan panjang akan membuat tubuh yang gemuk tampak semakin gemuk. Model rambut pendek banyak disarankan untuk orang-orang gemuk. Dengan mencukur tipis di bagian samping dan tebal di atas mungkin Kim berharap dapat membuat wajahnya yang bulat terlihat lonjong.

Cantik dan jelek itu relatif
Anda mungkin berpendapat model rambut Kim Jong-un sangat jelek. Tapi seandainya ditanyakan pendapat Kim sendiri pastilah akan didapat jawaban sebaliknya. Jika menurut Kim model rambut tersebut jelek tentu tidak akan dia pertahankan.

2 comments: